Senin, 01 Oktober 2012

cybermedia~


Pengertian dan sejarah

A.      Computer (Technology)
Salah satu alat elektronik yang mengalami berkembangan dengan cepat adalah komputer. Komputer selalu mengalami perubahan dari masa ke masa dan semakin canggih cara kerjanya. Komputer dapat didefinisikan sebagai peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen didalamnya, saling bekerja sama antara satu dan lainnya sehingga begitu diolah dapat menghasilkan suatu informasi. Pada perkembangannnya komputer mengalami beberapa tahap perkembangan generasi. Generasi pertama muncul ketika perang dunia kedua dimana negara-negara yang ikut dalam perang dunia kedua berlomba-lomba membuat komputer tercanggih dan mengakibatkan pendanaan yang meningkat secara signifikan. Pada generasi pertama komputer yang digunakan menggunakan program kode binner sehingga sulit untuk  di program ulang. Hingga saat ini sudah muncul berbagai macam jenis komputer dengan berbagi keunggulan masing-masing.

B.      Information
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa informasi adalah benda atau alat atau peristiwa yang kemudian ketika di olah akan menimbulkan arti atau makna yang bermanfaat bagi yang menerima informasi tersebut. Informasi sendiri telah ada sejak zaman dahulu kala bersamaan dengan komunikasi. Informasi bisa menjadi begitu penting apabila data atau berita yang ada didalam informasi tersebut sangat akurat dan sedang hangat diperbincangkan. Informasi sendiri dapat mengubah dan mempengaruhi suatu negara.

C.      Communication
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari komunikator kepada komunikan dimana pesan tersebuat akan diterima atau direspon dengan baik atau malah sebaliknya. Komunikasi muncul sejak zaman dahulu kala. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang mengandung informasi yang baik pula. Didalam proses komunikasi biasanya terjadi tukar menukar informasi. Sehingga dalam kenyataannya informasi yang didapat melalui proses komunikasi dapat mempengaruhi perilaku orang lain.

D.      IT  ( Information Technology)
Pada zaman dahulu manusia menggunakan bahasa sebagai alat informasi, tetapi itu tidak berlangsung lama karena apabila informasi itu disampaikan kepada orang lain melalui lisan maka orang  kemungkinan besar  akan melupakan informasi tersebut dan informasi itu tidak akan sama isinya dengan apa yang disampaikan diawal. Kemudian teknologi informasi semakin berkembang dan terus berkembang hingga saat ini. Teknologi informasi memungkinkan manusia untuk bertukar informasi dengan mudah biasanya melalui komputer. Pada dasarnya teknologi informasi merupakan istilah yang dapat membantu, mengkomunikasiakan dan menyebarkan komunkasi kepada masyarakat luas.

E.        ICT ( Information Communication Technology)
Teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia biasa dikenal dengan TIK merupakan perpaduan antara informasi dan komunikasi yang dapat saling melengkapi antara satu dan lainnya dan meliputi peralatan teknis untuk memproses kemudian menyampaikan suatu informasi. Didalam TIK terdapat dua aspek yang mendukung diantaranya adalah aspek komunikasi dan aspek informasi. Aspek informasi didalamnya meliputi segala macam proses pengelolaan data sehingga menghasilkan suatu informasi dan aspek komunikasi didalamnya meliputi alat bantu untuk memproses dan menyampaikan informasi yang ada kepada masyarakat.

F.      ICCT  ( Information Communication Collaboration Technology)
ICCT atau yang biasa dikenal dengan kolaborasi antara teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu efek dari perkembangan zaman yang saat ini sudah semakin canggih. Ini dikarenakan perpaduan yang sangat kompleks antara informasi dan komunikasi yang tidak ada hentinya berkembang. ICCT merupakan suatu perkembangan teknologi yang terus berkembang dan selalu menampilkan sesuatu yang baru.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar