Senin, 23 April 2012

“Perubahan Gaya Hidup Sebagai Dampak Globalisasi”


“Perubahan Gaya Hidup Sebagai Dampak Globalisasi”


Peradaban manusia di era ini telah menunjukkan perubahan yang sangat pesat dan patut diperbincangkan. Hantaman globalisasi saat ini telah menjadi sebuah momok yang  terus menghantui dan berkecimpung dalam sendi-sendi kehidupan kita. Bahkan bisa dikatakan kita saat ini tidak bisa lepas dari pengaruh globalisasi, dan parahnya pula globalisasi ini telah merubah gaya hidup kita.  Di abad yang semakin modern ini, globalisasi menjadi hal yang biasa bagi kita. Globalisasi  berarti proses yang mendunia dan sebuah upaya untuk membentuk sebuah norma dan pola yang universal dan homogen. Tentunya , semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya.

Perubahan yang sangat pesat terjadi di dunia salah satunya Indonesia, dimana segala sesuatu menjadi serba instan dan alat teknologi menjadi semakin canggih. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong manusia untuk berpikir lebih maju. Tetapi di satu sisi globalisasi menyebabkan semakin mudahnya budaya- budaya asing masuk melalui berbagai media cetak maupun elektronik yang terkadang ditiru habis-habisan oleh masyarakat, padahal tidak semua budaya-budaya asing tersebut bisa diterapkan di Indonesia. Selain itu globalisasi menyebabkan memudarnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara indiviudu dengan individu lain. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.

Globalisasi yang dipicu oleh kemajuan teknologi komunikasi telah menyentuh hampir semua bidang kehidupan manusia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan lain-lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Oleh karena itu globalisasi tidak dapat kita hindari kehadirannya.
Pada hakikatnya globalisasi adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculakn, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia. (Edison A, Jamli dkk. Kewarganegaraan. 2005).
Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh globalisasi di berbagai bidang kehidupan khususnya dalam perubahan gaya hidup saat ini. Segalanya menjadi lebih instan dan mudah. Manusia tidak lagi menghargai suatu proses tetapi yang lebih diutamakan adalah hasil. Dampak dari globalisasi sangat terasa di berbagi aspek, contohnya dalam aspek telekomunikasi. Saat ini handphone adalah alat komunikasi yang sudah dimiliki oleh setiap orang. Handphone yang dulunya merupakan barang mewah yang hanya dapat dimiliki oleh kaum elit namun seiring dengan adanya globalisasi membuat arus pergeseran handphone menjadi sedemikian cepat hingga bisa dinikmati oleh kaum ekonomi terendah sekalipun. Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.
Jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan. Setiap orang dapat langsung merasakan pengaruhnya. Globalisasi akan menjadi “milik kita” dalam arti kita akan bisa eksis dalam kondisi globalisasi ini apabilakita bisa pandai dalam menganalisanya. Masyarakat harus bisa mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai negatif. Selain itu masyarakat diharapkan dapat memilih budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan budaya yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar